Blogroll


I made this widget at MyFlashFetish.com.

Kamis, 27 September 2012

Definisi MultiProgramming, MultiProcessing, dan Distributed Processing

Multiprogramming adalah kegiatan menjalankan beberapa program pada memori pada satu waktu. Untuk meningkatkan keseluruhan kemampuan dari sistem komputer, para developer memperkenalkan konsep multiprogramming. Dengan multiprogramming, beberapa tugas disimpan dalam memori dalam satu waktu; CPU digunakan secara bergantian sehingga menambah utilisasi CPU dan mengurangi total waktu yang dibutuhkan untuk menyelesaikan tugas-tugas tersebut.

Melayani banyak program yang tidak ada hubungannya satu sama lain dan dijalankan sekaligus dalam satu komputer yang sama. Pelaksanaan instruksi yang diterapkan adalah:
- program dimuat ke dalam memori,
- program dijalankan sampai mengakses perangkat I/O,
- berpindah (switch) ke pekerjaan lain,
- langkah tersebut berulang terus menerus,
- untuk proses perpindahan (switching), dilaksanakan oleh software.
Contoh nya adalah menjalankan browser bersamaan dengan media player atau programm pengolah gambar seperti photoshop.
Yang di maksud dengan multi programming di sini adalah CPU menjalankan beberapa program sekaligus
  
Multiprocessing adalah istilah teknologi informasi dalam bahasa Inggris yang merujuk kepada kemampuan pemrosesan komputer yang dilakukan secara serentak. Hal ini dimungkinkan dengan menggunakan dua CPU atau lebih dalam sebuah sistem komputer. Istilah ini juga dapat merujuk kepada dukungan sebuah sistem untuk mendukung lebih dari satu prosesor dan mengalokasikan tugas kepada prosesor-prosesor tersebut.
Multiprocessing juga kadang merujuk kepada kemampuan eksekusi terhadap beberapa proses perangkat lunak dalam sebuah sistem secara serentak, jika dibandingkan dengan sebuah proses dalam satu waktu, meski istilah multiprogramming lebih sesuai untuk konsep ini. Multiprocessing sering diimplementasikan dalam perangkat keras (dengan menggunakan beberapa CPU sekaligus), sementara multiprogramming sering digunakan dalam perangkat lunak. Sebuah sistem mungkin dapat memiliki dua kemampuan tersebut, salah satu di antaranya, atau tidak sama sekali.
Contoh nya adalah pada zaman sekarang banyak processor yang sudah berteknologi dual core sampai quad core.  ini bertujuan untuk hemat waktu
Maksudnya adalah core dalam processor menjalankan tugas nya masing2
   
Mengerjakan semua proses pengolahan data secara bersama antara komputer pusat dengan beberapa komputer yang lebih kecil dan saling dihubungkan melalui jalur komunikasi. Setiap komputer tersebut memiliki prosesor mandiri sehingga mampu mengolah sebagian data secara terpisah, kemudian hasil pengolahan tadi digabungkan menjadi satu penyelesaian total. Jika salah satu prosesor mengalami kegagalan atau masalah yang lain akan mengambil alih tugasnya.
  
Multitasking adalah pemrosesan beberapa tugas pada waktu yang bersamaan. Sebagai contoh, jika seseorang sedang menyetir, bertelepon lewat ponsel, dan sambil merokok secara bersamaan, maka orang tersebut melakukan multitasking.
Multitasking merupakan mekanisme kerja komputer. CPU komputer dapat menangani beberapa proses dalam waktu yang sama secara akurat. Proses yang dikerjakan tergantung pada instruksi yang diberikan oleh software komputer. Oleh sebab itu, untuk memanfaatkan kemampuan CPU secara maksimal, software yang digunakan juga harus memiliki kemampuan multitasking. Saat ini, berbagai software sistem operasi sudah memiliki kemampuan multitasking. Itulah sebabnya, saat ini Anda bisa browsing di halaman web SmitDev, chatting, sambil mendengarkan musik secara bersamaan. 
Contohnya adalah, dalam OS windows, pada saat kita membuka task manager, terdapat task – task yang sedang berjalan,  di sini kita melihat bahwa seakan2 CPU menjalankan secara bersamaan, tetapi ternyata tidak.
Konsekuensi dari proses-proses yang berjalan secara konkuren pada suatu sistem multitasking? Berikut sejumlah pengaruh yang mungkin terjadi antara proses-2 yg berjalan bersamaan :
1. Proses tidak saling memengaruhi.
               Ini terjadi pada proses-2 yang tdk saling berhubungan dan tdk saling bekerja sama, kecuali dlm hal berbagi pakai processor. Contoh aplikasi MS.Word dengan Media Player berjalan bersamaan
2. Proses saling memengaruhi secara tdk langsung.
               Ini terjadi pada proses-proses yg tdk saling bekerja sama ttp mengakses sumberdaya yang sama sehingga proses-2 tsb saling mempengaruhi satu sama lain. Contoh MS.Word dan Notepad sedang membuka suatu berkas yang sama.
3. Proses saling memengaruhi secara langsung.
               Ini terjadi pd proses-2 yg saling bekerja sama utk mencapai suatu tujuan khusus. Contoh jika kita membuka IE kita akan bekerja sama dengan web server.   
Time sharing juga disebut sebagai Multitasking, dimana pengertian ini bisa disamakan dengan multiprogramming, hanya saja waktu prosesnya dibatasi. Waktu maksimum yang digunakan CPU disebut quantum time. Keuntungan time sharing adalah tingkat kebersamaannya menjadi tinggi. Time sharing memerlukan pengaturan kerja input dan output. Secara normal, CPU sanggup memproses lebih dari satu data dalam setiap detik. Dimana pada saat itu, input dan output device juga harus siap untuk memberikan data ataupun menerima hasil proses secara cepat. Oleh karena itu diperlukan adanya penjadwalan kerja yang baik. Banyak “switched” yang bisa bekerja secara otomatis untuk mengatur semuanya dalam waktu yang bersamaan.
Contoh paling sederhana adalah pada saat terjadi jaringan antara client dengan server

0 komentar:

Poskan Komentar

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More